Sabtu, 05 Juli 2014

Inti Hypnosis

Inti dari Hypnosis adalah pemanfaatan fenomena-fenomena Hypnotic yang terjadi dalam kondisi Hypnosis State ( Hypnos / Trance). Dengan kata lain, Hypnos atau Trance itulah Inti dari Hypnosis. Sedangkan Hypnosis adalah proses untuk membawa kesadaran diri kita sendiri atau orang lain menuju kondisi Hypnos. Hypnotist atau Hipnotis (Ingat kata Piano & Pianis) adalah seseorang yang membimbing orang lain yaitu Subjek atau suyet untuk melakukan proses hypnosis. Sedangkan Subjek atau suyet adalah orang yang dibimbing untuk mengalami kondisi Hypnos / Trance.

Hipnosis & Hipnoterapi dipelajari sebagai cabang ilmu psikologi dan dipraktikkan sebagai seni yang berlandaskan integritas, karakter, kejujuran, moralitas, dan kreativitas yang tinggi.

Hypnosis hanyalah sebuah nama dari sebuah Ilmu yang menjelaskan bagaimana cara kerja pikiran manusia, Kondisi dan level kesadaran pikiran manusia, dan bagaimana mengintervensinya untuk suatu outcome atau tujuan tertentu..

Sedangkan kondisi Hypnos State (Trance) itu sendiri adalah kondisi alamiah yang sering kita alami, dan sudah ada sejak zaman Nabi Adam.

Karena Pada prinsipnya, "Kapanpun saja pikiran dan perasaan Anda terpengaruh oleh apa yang Anda lihat, dengar, atau rasakan, sebenarnya Anda telah terhipnotis" Inilah yang disebut Environmental Hypnosis. Atau Proses Hypnosis yang dilakukan oleh lingkungan.

"Dan kapanpun saja anda lebih fokus dan lebih sibuk untuk mengamati dunia yang ada di dalam diri anda sendiri, mengamati dan merasakan apa yang ada di tubuh, yang ada di dalam pikiran dan juga yang ada di hati anda sendiri, masuk ke dalam dunia rasa dan imajinasi anda sendiri, maka sebenarnya anda telah memasuki kondisi Hypnosis atau Trance".Inilah yang disebut Self Hypnosis. Atau Proses Hypnosis yang dilakukan oleh diri sendiri.

Jadi Hypnosis itu adalah suatu fenomena yang alamiah dan sering kita alami, rasakan, dan lakukan bukan...???

Sedangkan Proses Hypnosis yang digunakan dalam Hypnoterapy, Motivasi, Hipnotic Goal Setting, Hiburan hypnosis, Stage Hypnosis, dll. Itu adalah Artifisial Hypnosis, yaitu sebuah proses hypnosis yang dilakukan dengan sengaja untuk memperoleh sebuah hasil dan outcome tertentu. Baik yang melibatkan seorang pembimbing (Mind Navigator/Master Hipnotis) ataupun yang dilakukan secara mandiri.

Hypnotic State atau Trance merupakan suatu fenomena alami di keseharian. Mempelajari Hypnosis itu artinya adalah sebagai upaya untuk memahami struktur dari fenomena hipnotis, sehingga dapat di-generate kapanpun dibutuhkan.Dan untuk itulah anda perlu belajar Master Neo Hipnotis, sehingga anda mampu menggenerate atau memproduksi Fenomena Hipnotis kapanpun saja dan dimanapun saja anda perlukan dengan sangat-sangat mudah semudah menjentikkan jari anda.

Dan karena yang kita bicarakan ini adalah fenomena psikologi tentu mempelajari keilmuan Hipnotis tidak melibatkan unsur Gaib, Jin, setan, dll..

Tiga Jenis Proses Hypnosis
Masuknya sebuah Sugesti/ide/saran/nasehat sehingga menjadi Program Pikiran ke dalam Pikiran bawah sadar, pasti melalui salah satu, dua, tiga, atau semua cara dari kelima cara di bawah ini :
  1. Repetisi
  2. Identifikasi Kelompok, Komunitas, atau Keluarga.
  3. Ide yang disampaikan oleh Figur yang dipandang memiliki otoritas.
  4. Emosi yang intens.
  5. Hipnosis
Dari kelima pintu tersebut, maka Proses Hypnosis secara umum saya bagi menjadi Tiga Jenis Hypnosis, yaitu :
  1. Environtmental Hypnosis
  2. Habitual Self Hypnosis
  3. Artifisial Hypnosis
Environtmental Hypnosis
Environtmental Hypnosis adalah proses hypnosis yang bersumber dari lingkungan, dan biasanya ini terjadi secara alamiah sebagai hasil kita berinteralsi dan berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di sekitar kita. Kita dibentuk oleh lingkungan dimana kita dibesarkan. Dan kita juga membentuk lingkungan tempat kita berada. Kita dan lingkungan saling pengaruh dan mempengaruhi.

Pengaruh Environtmental Hypnosis ini bahkan sudah berlaku pada kita sejak kita masih di dalam kandungan. Segala perkataan serta perilaku ayah dan ibu kita juga turut mempengaruhi diri kita.

Habitual Self Hypnosis
Habitual Self Hypnosis adalah proses self hypnosis yang bersumber dari perkataan, sikap, serta perbuatan kita sendiri. Kita adalah apa yang kita ulang-ulang setiap harinya.

Apa yang kita lihat dan dengar adalah apa yang kita pikirkan.
Apa yang kita pikirkan adalah apa yang kita rasakan.
Apa yang kita rasakan mempengaruhi reaksi kita.
Reaksi menjadi kebiasaan dan kebiasaan menentukan nasib kita
(Bob Gass)

Your Beliefs become Your Thoughts, Your Thoughts become Your Words.
Your Words become Your Actions, Your Actions become Your Habits.
Your Habits become Your Values, Your Values becomes Your Destiny.

Keyakinan Anda menjadi pikiran Anda, Pikiran Anda menjadi kata-kata Anda.
Kata-kata Anda menjadi tindakan Anda, Tindakan Anda menjadi kebiasaan Anda.
Kebiasaan Anda menjadi Nilai Diri Anda, Nilai Diri Anda menjadi takdir Anda.
[Mahatma Gandhi]

Artifisial Hypnosis
Artifisial Hypnosis hypnosis adalah sebuah proses hypnosis yang dilakukan dengan sengaja untuk meraih suatu Outcome / Tujuan tertentu. Baik yang dilakukan oleh diri sendiri (self Hypnosis) ataupun dengan dibantu oleh seorang Mind Navigator (Hipnotis / Master Hipnotis).

Bila dalam Environtmental Hypnosis & Habitual Self Hypnosis, proses hypnosis yang terjadi berlangsung secara alami dan bahkan sering tanpa di sadari. Maka dalam Artifisial Hypnosis, kita memang dengan sadar serta sengaja melakukan hypnosis.

Mengapa hal itu dilakukan..?
Karena Hasil yang diperoleh dari proses Environtmental Hypnosis & Habitual Self Hypnosis sering bersifat tidak terkendali. Ada yang menguntungkan dan tidak jarang justru membuat nasib kita malah terpuruk.

Misalnya :
  • Karena sering bergaul dengan komunitas pemabuk, lambat laun akhirnya anda ikut juga menjadi pemabuk.
  • Karena sering mengeluh, akhirnya kata-kata keluhan tersebut menjadi realita nyata dalam kehidupan.
  • Dll.
Segala kebiasaan, sikap, perkataan, dan perilaku kita ditentukan oleh program pikiran yang ada di dalam pikiran bawah sadar kita. Dan dari berbagai program pikiran yang ada di dalam pikiran bawah sadar, tidak semuanya membawa diri kita menuju kebaikan dan kemajuan. Ada juga yang membawa diri kita menuju jurang kehancuran.

Dan walaupun kita sudah beruasaha sekuat daya untuk berubah, namun perubahan yang diharapkan tidak kunjung juga datang. Itulah sebabnya dikatakan bahwa musuh terbesar adalah diri kita sendiri.

Mengapa perubahan diri itu tidak kunjung juga datang..?
Karena perubahan itu hanya dilakukan di level permukaan saja, padahal sumber penyebabnya adalah program pikiran yang ada di dalam pikiran bawah sadar. Untuk melakukan perubahan hingga ke dalam pikiran bawah sadar. Hipnosis adalah salah satu Tools yang cukup efektif dan efisien untuk digunakan. Oleh sebab itulah kita melakukan Artifisial Hypnosis untuk melakukan intervensi, restructuring, serta reprogramming dari beberapa program pikiran yang ada di dalam pikiran bawah sadar kita.

FENOMENA HIPNOTIS & TRANCE SIGNAL
Fenomena Hipnosis hakikatnya adalah bagian dari kehidupan kita. Dan selama kita berinteraksi dengan manusia serta alam semesta, maka akan senantiasa terjadi proses saling menghipnotis, saling berkomunikasi, saling pengaruh mempengaruhi, dan saling nasehat menasehati. Ini adalah sesuatu yang lumrah, wajar, serta normal.

Ormond Mc. Gill, yang dijuluki sebagai "The Dean of American Hypnotists", mangatakan "Tidak mudah memberi pengertian kepada hipnosis. Hipnosis tak ubahnya seperti listrik, sedikit orang yang bisa menjelaskannya dengan mudah, tetapi yang jelas listrik memiliki DAYA yang dapat dimanfaatkan.". Dari pernyataan itu, kita dapat mengambil kesimpulan. Bahwa hipnosis itu Nyata adanya dan pasti ada manfaatnya, seperti listrik yang kita gunakan sehari-hari.

Setiap orang pasti pernah mengalami kondisi hipnosis ataupun terhipnotis, menghipnotis, dan dihipnotis. Karena Hipnosis memang merupakan fenomena alamiah yang sering kita alami. Bila anda pernah mengalami pengalaman berikut ini, maka itu artinya anda pernah mengalami kondisi hypnosis  :
  • Anda menonton sinetron hingga terhanyut sampai ikut menangis ketika tokoh idolanya dianiaya. Dalam kondisi seperti ini, anda sedang terhipnotis oleh kisah dalam sinetron tersebut.
  • Anda terhipnotis oleh Game, sehingga keasyikan main Game sampai lupa waktu.
  • Anda terhipnotis oleh Facebook, sehingga anda lebih suka menyapa dan ngobrol dengan sahabat anda yang ada di Facebook daripada dengan sahabat anda yang ada di sanping anda.
  • Anda tidak merasakan sakit saat kaki anda tergores hingga berdarah dan baru tahu saat anda sedang mandi..
  • Anda terhipnotis oleh seorang penceramah yang sedang berceramah, dan andapun menjadi terharu dan bangkit kesadaran spiritual anda. 
  • Anda menjadi lapar dan bangkit selera makan anda, begitu melihat hidangan makanan yang ada di sebuah rumah makan. Padahal anda barusan saja makan dan perut anda masihlah kenyang.
  • Anda menjadi terkenang dengan seseorang ketika sebuah lagu terdengar oleh telinga anda.
  • Anda khusuk dalam Doa dan Zikir yang membuat anda fokus hanya pada Tuhan.
  • Anda merasa terbang ketika sedang bermeditasi.
  • dll.
Itulah peristiwa-peristiwa alamiah hipnosis. Dan karena anda belum memahami bahwa apa yang sedang terjadi pada anda adalah suatu peristiwa hipnosis. Maka andapun dengan mudah dapat dihipnotis oleh orang lain. Membeli product hanya karena anda terpengaruh iklan di TV. Padahal sesungguhnya anda tidak membutuhkan barang itu. Misalnya.

Atau anda terhipnotis oleh seorang tokoh kharismatik atau seorang tokoh idola dan tergabung di dalam komunitasnya, tapi tahu-tahu akhirnya terbongkar bahwa komunitas tersebut adalah sebuah komunitas sesat atau komunitas penipu dan harta anda habis ditipunya. dll...

Semua itu adalah efek dari kondisi hipnosis. Jadi Hipnosis itu bukan hanya Hiburan hipnotis yang anda tonton di TV. Ataupun Kasus penipuan yang berkedok Hipnotis gendam, dll. Hipnosis sangat erat dan lekat dengan keseharian kita. Hipnosis adalah bagian dari kehidupan kita.

Setelah kita belajar hipnosis, bukannya kita menjadi tidak mempan di hipnotis. Tetapi kita menjadi sadar Hipnosis, menjadi Melek Hipnosis, menjadi lebih mengenal dan mengerti proses hipnosis yang selama ini terjadi secara alami. Dan akhirnya dapat menggunakan fenomena hipnosis yang terjadi tersebut secara baik dan benar. Serta menggunakan dan mengarahkannya untuk kebaikan serta kemajuan diri kita semata.

Dan dalam proses saling menghipnotis di antara kita. Setelah kita belajar hipnosis,  Maka kita punya kemampuan untuk dapat memilah serta memilih, menerima serta menolak sebuah pengaruh Hipnosis dari orang lain. Kita punya kemerdekaan untuk menentukan sikap serta tindakan kita, sesuai dengan kepentingan dan prinsip hidup yang kita miliki...

Hipnosis itu adalah sesuatu yang alamiah dan sering kita alami... dan bila diri kita sudah tidak mempan dihipnotis. Bukankah itu artinya diri kita sudah menjadi keras hati dan kepala batu, tidak lagi mempan dinasehati, tidak lagi tunduk pada peraturan. dll....

Hipnosis & Hipnoterapi dipelajari sebagai cabang dari ilmu psikologi dan dipraktekkan sebagai seni yang berlandaskan integritas, karakter, kejujuran, moralitas, dan kreativitas yang tinggi.

Kenalilah Hipnosis, dan kita akan dapat menggunakannya demi kebaikan serta kemajuan diri kita... Bukalah hati dan pikiran anda, maka anda akan dapat mengendalikan fenomena hipnosis, dan bukan dikendalikan oleh fenomena hipnotis, apalagi sampai dihipnotis oleh orang lain di luar kesadaran dan kemauan anda.

Dan sebagai seorang master Hipnotis, anda harus jeli menemukan Trance Signal dari  Natural Hypnotic Phenomena atau Fenomena Hypnotic yang terjadi secara alamiah dari subjek. Cermati Kosa kata serta kalimat yang dia gunakan untuk mengekspresikan dirinya, cermati juga bahasa Non Verbal dari komunikasi Body Language yang dia gunakan, cermati juga bagimana dia memunculkan elemen-elemen karakter pikiran bawah sadar yang dia lakukan secara alami. Dan kemudian catat itu semua di dalam benak anda.

Dari catatan anda tersebut, selanjutnya anda dapat merumuskan strategi hypnotic yang tepat untuk membawa subjek masuk ke dalam Hypnosis State melalui Celah-celah Hypnosis yang telah dia komunikasikan kepada kita secara Unconsciously tersebut. Dengan cara mengelitasit dan meng-Generate salah satu atau semua Fenomena Hypnotic dari subjek untuk membawanya masuk lebih dalam ke kondisi Hypnosis State..

Pada prinsipnya, Kondisi Hypnosis tercipta melalaui salah satu atau semua cara di bawah ini :
  1. Overload Of Message Units.
  2. SubConscious Mind Elicitation.
  3. Anxiety atau Confusions.
  4. Bypass critical area of mind (Induction)
  5. Terpicunya mekanisme Fight / Flight dari Primitive area pikiran.
Enam teknik dasar induksi (Induction) adalah :
1. Eye Fixation,
2. Relaxation of Nervous System,
3. Mental Confusion,
4. Mental Misdirection,
5. Loss of Equilibrium, dan
6. Shock to Nervous System.

Mas Edi Sugianto Dengan Kang Asep Haerul Gani
Natural Trance Utilisation

Natural Trance State, atau kondisi trance yang alamiah. Yakni kondisi dimana pikiran kita sedang receptive, saat faktor kritis secara almiah sedang tidak dominan.

Kondisi ini sangat bagus dipakai untuk melakukan Goal Setting, karena akan nancep di bawah sadar. Anda tidak memerlukan kemampuan hypnosis untuk bisa melakukan hal ini. Cukup kenali saja, kapan kondisi ini muncul, maka segera lakukan Goal Setting.

Biasanya muncul : menjelang tidur, menjelang bangun tidur, dan saat melamun yang asyik.

Milton Erickson menyatakan bahwa trance adalah kegiatan alamiah yang terjadi sehari hari, dan itu dapat di utilisasi menjadi suatu kegiatan terapi yang bermanfaat bagi kita tentunya.

Pada dasarnya secara alamiah manusia sering mengalami kondisi trance dalam kehidupan sehari–hari. Pernahkah anda mengalami seperti dibawah ini.

Tandailah mana saja fenomena yang pernah Anda alami :
  1. Asyik saat memancing atau mengerjakan hobi hingga lupa waktu.
  2. Asyik membaca buku, hingga tak terdengar orang yang memanggil.
  3. Terhanyut emosi, ketika dalam menonton televisi sehingga ikut sedih dan menangis.
  4. Khusyu’ ketika berdoa, fokus pada Tuhan dan mengabaikan yang lainnya
  5. Mengantuk yang sangat di kendaraan
  6. Khusyuk ketika sedang berdo’a
  7. Asyik main game di computer hingga lupa makan
  8. Asyik menekuni hobi tertentu, semakin menemukan tantangan semakin masuk tak mau berhenti sebelum selesai
  9. Badan makin santai , perasaan semakin nyaman saat Anda mencium aroma tertentu
  10. Melamun, hingga terlupa hal yang harusnya dikerjakan
  11. Asyik membaca buku, hingga tak terdengar orang yang memanggil
  12. Saat berjalan tiba-tiba sadar bahwa sedang berjalan ke tempat lain , karena pikiran terlena memikirkan sesuatu
  13. Saat kaki anda turut menendang , ketika sedang asyik menonton jagoan sepakbola di televisi
  14. Saat Anda sedang gundah, ada seorang teman mendekati Anda lalu menyampaikan sesuatu, dan Anda langsung melakukan apa yang disarankannya
  15. Anda terhanyut saat melihat Video / film / pagelaran wayang /teater dan ikut kesal, marah, gembira sesuai perasaan pemeran utama
  16. Perasaan Anda terlibat kala mendengar sandiwara radio sehingga naik turunnya emosi Anda sesuai dengan naik turunnya emosi pemeran di radio.
  17. Anda membayangkan suatu keadaan yang Anda rencanakan, dan ternyata terjadi seperti yang Anda bayangkan
  18. Anda percaya kepada seseorang entah itu sahabat, orangtua, Guru, Suhu . Setiap satannya anda langsung lakukan tanpa syarat.
  19. Anda mengatakan sesuatu kepada diri anda sendiri, lalu perasaan Anda terpicu oleh kata yang Anda ucapkan
  20. Anda merasa makin nyaman dan berharga saat Anda menyadari dan mensyukuri apa yang telah Anda raih
  21. Anda datang ke pertokoan, membeli sesuatu, setibanya di rumah anda sadar bahwa Anda tidak memerlukan barang itu
  22. Anda selalu membeli produk dengan merk tertentu tanpa bisa menjelaskan alasan argumentatif rasional dan ilmiah alasan membeli produk dengan merk itu
  23. Anda tidak merasa sakit tergores kaki anda sampai berdarah, ketika anda berjalan dan asyik dengan sesuatu yang anda kerjakan.
  24. Dalam tidur anda bermimpi, sehingga dalam mimpi anda menganggap apa yang anda hadapi adalah nyata.
  25. Anda meditasi, hingga merasakan diri anda seperti terbang (lavitasi)
Bila Anda menandai satu saja di antara fenomena tersebut sebagai fenomena yang pernah anda alami, ini berarti Anda pernah mengalami fenomena HIPNOSIS/TRANCE, terlepas pandangan atau pemikiran anda tentang HYPNOSIS.

Ormond Mc Gill seseorang yang dijuluki Dekan Hypnotis Amerika mengatakan ”Tidak mudah memberi pengertian tentang HYPNOSIS, namun HYPNOSIS tak ubahnya seperti listrik, sedikit orang yang bisa menjelaskannya dengan mudah, namun yang jelas listrik memiliki DAYA yang dapat dimanfaatkan. Demikian pula HYPNOSIS ”. Listrik tentunya netral, menjadi berguna atau berbahaya sangat tergantung yang memakainya, demikian pula Hypnosis. Dari hal tersebut, kita bisa lebih menempatkan bahwa fenomena hipnosis bukanlah hal yang mistis atau melibatkan sesuatu hal yang gaib.

PROSES HYPNOSIS ALAMIAH
Hypnosis bercirikan keadaan yang single focus, orang lebih peka terhadap proses dalam tubuhnya termasuk proses pengindraannya . Karena fokusnya ke satu hal maka pembelajaran lebih mudah terjadi jika dibandingkan dengan pembelajaran saat Anda fokus ke beberapa hal.

Untuk sampai ke keadaan single focus ini beragam metoda dapat dilakukan.
  • Anda bisa duduk di kursi dengan mata terpejam sambil menyadari masuk dan keluarnya nafas. 
  • Anda bisa fokuskan perhatian kepada suatu titik, gambar, gerakan benda. 
  • Anda bisa juga mengingat keadaan yang menyenangkan dan merasakannya kembali. 
  • Anda bisa mengingat kembali pengalaman saat sedang menonton acara yang membuat anda nyaman. 
  • Anda bisa pula menghitung mundur dari 100 hingga 1 dan menyadari semakin mundur semakin relaks. 
Cara-cara untuk masuk ke dalam keadaan fokus ini dinamakan INDUKSI. Tujuan dari induksi ini adalah agar anda lebih relaks, sehingga anda lebih fokus dan bank ingatan anda terbuka.

Bank ingatan ini adalah tempat semua program-program hidup anda selama ini . Membuka bank ingatan ini dalam keadaan banyak fokus tidak mudah. Hanya dalam keadaan single focus sajalah, bank ingatan ini mudah terbuka dan mudah pula untuk menerima program-program pembelajaran baru. Bank ingatan ini dikenal dengan nama Long Term Memory, Subconscious ataupun Unconscious .

Manusia dalam hidupnya menerima program dari lingkungannya , terawal dari pengasuhnya melalui KATA atau KALIMAT yang perlahan-lahan dimasukkan ke dalam bank ingatannya. Kata atau kalimat apapun yang masuk ke bank ingatan akan diolah langsung persis apa adanya. Bila kata ”Saya Lemas” yang masuk ke Bank ingatan, maka bank ingatan menerima perintah PROGRAM ”SAYA LEMAS” lah yang harus dijalankan oleh tubuh, maka tubuh hanya memberikan respon-respon yang melahirkan ”SAYA LEMAS”.

Penggunaan kata dan kalimat seperti ini disebut dengan SUGESTI atau SCRIPT atau CHANGE atau LEARNING. Semakin Sugesti ini sering dimasukkan ke dalam Bank ingatan, maka semakin intenslah program itu, dan semakin kuat pula untuk mengubah orang tersebut ke arah program yang dimasukkan.

Hypnosis dalam fenomena sehari-hari berjalan melalui 2 proses kunci itu. Proses Induksi dan proses Sugesti. Hypnotis dalam kehidupan kita adalah diri kita sendiri, pengasuh, orangtua, keluarga, guru, masyarakat dan budaya. Anda bisa saja bebas dari pengaruh Clinical Hypnosys, namun anda hingga saat ini bisa jadi terbelenggu dalam pengaruh Cultural Hypnosys. Apa yang anda makan, apa yang anda pakai, apa yang anda persepsikan baik dan buruk, bernilai tak bernilai, bisa jadi bukan atas olah pilih anda sendiri.
Hingga paragraf ini, Anda sudah tahu bagaimana persepsi negatif terhadap Hypnosis terjadi. Anda pun sudah tahu pula bahwa fenomena HYPNOSIS akrab dengan diri Anda. Anda sudah tahu INDUKSI dan anda sudah tahu SUGESTI dalam Hypnosis. Anda pun sudah tahu proses HYPNOSIS dalam keseharian.
PEMANFAATAN FENOMENA HYPNOSIS
Dari obrolan Pak Asep Haerul Gani dengan peserta kajian Hypnosis dan Hypnotherapi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, USU Medan, Universiti Kebangsaan Malaysia, UI Depok, SDIT Imam Bukhori Sumedang dan para santri di Pondok Pesantren Hypnotherapi Ciputat diketahui bahwa peserta mengakui fenomena hipnosis mereka alami, hanya seringkali justru yang berakibat negatif untuk diri.

Sebutlah si Amin, dia mengatakan ”Pada saat bangun pagi, kata pertama yang saya ucapkan ”Aduh lemas kali badan ni !” , lalu istri saya yang mendengar kata-kata saya mengatakan, ”Wah betul nih Bang, badan Abang panas, baiknya Abang tidur aja agar tidak sakit parah”. Lalu saya mengikuti saran istri saya, badan saya kemudian menghangat dan saya malah sakit parah”.

Lain lagi si Johan , ia berkata ”Saat saya berhadapan dengan tugas di kantor saya sering berkata pada diri sendiri ” Apapun yang saya laukan, Bos pasti memarahi saya” dan herannya kejadian yang saya alami dengan boss saya persis seperti apa yang saya sering katakan kepada diri saya.

Amin dan Johan sudah menggunakan HIPNOSIS dengan sukses. Amin SUKSES memperoleh badan yang lemas , panas dan sakit parah. Johan SUKSES memperoleh kemarahan Boss nya. Dengan metodologi dan teknik yang persis sama , sebenarnya Amin bisa memperoleh badan yang bugar dan sehat dan Johan bisa mendapatkan pujian Boss nya. Tentu saja bila mereka memahami bahwa fenomena itu bisa dimanfaatkan. Anda bisa memanfaatkan fenomena HYPNOSIS ini dalam diri Anda.

AFFIRMASI
Affirmasi adalah menyatakan seuatu yang positif tentang diri Anda. Mulai saat ini hentikanlah kata atau kalimat yang menyatakan diri anda dengan citra negatif. Mulai saat ini lakukanlah memberikan pernyataan-pernyataan positif tentang diri Anda. Buatlah sendiri pernyataan-pernyataan apa yang anda inginkan tentang diri anda. Saya menulis beberapa , anda bisa melanjutkannya dan membuatknya sesuai dengan yang Anda inginkan .
  • Saya pandai dalam semua pelajaran
  • Saya menarik sebagai pembicara
  • Apapun lelucon yang saya sampaikan, pendengar terhibur
  • Saya tampil tenang, mampu menguasai keadaan, dan berbicara lancar
  • Apapun yang saya lakukan membuat saya semakin baik dan kreatif
  • Masalah apapun yang muncul di hadapan saya mampu saya atasi
Dalam fenomena budaya , Afirm├ísi ini dikenal dengan beragam nama . Urang Sunda memberi nama Rajah, Jampe, Jangjawokan. Dalam tradisi Hindu dan Budha namanya MANTRA . Dalam tradisi Muslim namnya Du’a . Dalam tradisi Latin namanya Ora.

Affirmasi diucapkan berulang-ulang setelah anda fokus. Keadaan fokus ini bisa anda capai saat anda terjaga dari tidur saat anda mata mengantuk terlelap ingin tidur.

Keadaan fokus ini bisa pula anda capai :
  • saat anda mandi di pancuran (shower) merasakan sejuknya air, 
  • saat anda sedang menghirup wangi-wangian, saat anda spa, 
  • saat anda mandi kembang, 
  • saat anda dipijat, 
  • saat anda luluran, 
  • saat anda latihan pernapasan, 
  • saat anda Chi Kung, 
  • saat anda menari, 
  • saat anda bermain musik. 
  • Anda pun dapat fokus dengan menggunakan ritual agama , saat meditasi, saat bertapabrata, saat berdoa, saat wudhu, saat shalat, saat dzikir. 
Ucapkanlah kata-kata Affirmasi anda setelah anda fokus.

VISUALISASI
Paling tidak Anda pernah sekali melamun dalam hidup Anda. Dalam keadaan melamunkan sesuatu, anda masuk ke keadaan yang menggunakan seluruh 6 indra Anda (mata anda melihat rupa dan warna sesuatu dalam lamunan, hidung anda menghidu bau sesuatu dalam lamunan, telinga anda mendengar bunyi tertentu dalam lamunan, lidah anda mengecap rasa tertentu dalam lamunan, tangan dan kaki anda merasakan tekstur tertentu dalam lamunan dan Tubuh Anda merasakan hal tertentu dalam lamunan dan pikiran anda sedang asyik dengan pikiran tertentu dalam lamunan) . Visualisasi meskipun mengandung kata VISUAL yang artinya penglihatan mempunyai makna yang lebih luas mencakup keenam indra (lihat, dengar, cium, raba-rasa, kecap, pikiran).

Bang Doel seorang peserta kajian Hypnotherapy saat istirahat pernah berkata pada saya ”Suatu kali karena dituntut dateline saya harus mengerjakan tugas hingga pukul 21.00. Saya baru keluar kantor pukul 21.15. Saat itu saya membayangkan saat saya tiba di rumah, istri bertanya dengan nada ketus dan penuh curiga, lalu marah-marah. Setibanya di rumah saya mendapatkan persis apa yang saya bayangkan”. Apa yang dilakukan oleh Bang Doel ini adalah visualisasi. Apa yang dibayangkannya dalam pikiran menjadi kenyataan.

Visualisasi dapat anda lakukan dengan MELAMUNKAN apa OUTCOME anda, 
dan anda menghayatinya SAAT INI dan SEKARANG telah tercapai.. 

Misalnya anda akan berangkat ke kantor menggunakan kendaraan umum. Anda dapat melamunkan skenario berikut ”Anda melihat anda berpakaian rapi, Anda merasakan udara yang segar terdengar suara anak anda berkata ” Hati-hati ya Pa/Mah, Sukses Ya”, dan anda berjalan keluar rumah dengan ayunan kaki penuh energi. Di tepi jalan raya anda melihat kendaraan umum yang anda akan tumpangi menuju ke arah Anda. Anda menyetop, dan mobil perlahan berhenti di depan anda. Anda kemudian merasakan kaki anda naik ke mobil, dan di dalam mobil Anda masih menemukan satu tempat duduk kosong yang bersih, dan di sampingnya hadir orang yang menyenagkan. Anda mendengarnya menyapa ”Silakan duduk pak/bu?” Anda kemudian duduk di kursi tersebut, berbincang-bincang dengan rekan sebalah Anda, kemudian tak terasa sampai di tempat tujuan. Anda kemudian berdiri, turun dari mobil lalu berjalan menuju kantor Anda. Anda tersenyum kepada setiap orang dan anda rasakan sampai di kursi/meja anda dalam keadaan segar dan penuh energi”. Ada ahli yang mengatakan Visualisasi sebagai Teater Pikiran.

Latih berulang-ulang VISUALISASI ini hingga otomatis dan otak mendapatkan gambaran dengan skenario paling sempurna. Ketika skenario ini tercatat di otak, dan otak mengirimkan perintah ke seluruh anggota tubuh yang tercitrakan dalam visualisasi ini, maka siaplah untuk bersyukur, karena apa yang anda Visualisasikan terjadi dalam kenyataan. Latihlah VISUALISASI ini dimulai dengan hal-hal sederhana. Misalnya, saat ada di kantor visualisasikanlah anda santai, pekerjaan anda selesai dengan benar, Anda menikmati pekerjaan anda. Setelah antara Visualisasi dan kenyataan semakin akurat, Latihlah dengan perilaku yang melibatkan orang lain dan lebih rumit.

AKNOWLEDGEMENT
Selama ini sebagian dari kita terlalu KRITIS terhadap diri sendiri. Kak Hutagalung peserta kajian di USU mengatakan ”Selama ini, saya sering mengatakan pada diri saya sendiri hal yang justru membuat saya makin tak berdaya. Saya terlalu kritis terhadap hasil kerja saya. Hal ini alih-alih membuat saya terpicu maju malah membuat saya terpuruk, karena emosi saya terkorup”.

AKNOWLEGMENT adalah Anda mengakui keberhasilan-keberhasilan kecil yang Anda telah raih dalam rangka mencapai KEBERHASILAN BESAR. Anda menghargai diri anda atas kesuksesan demi kesuksesan yang telah Anda capai menuju KESUKSESAN.

Mulailah saat ini buat catatan harian atas prestasi anda, misalnya:
  • Saya berhasil datang 5 menit sebelum kantor buka
  • Saya berhasil meyakinkan calon pembeli untuk mendengarkan uraian saya
  • Saya berhasil mengajak anak ngobrol tentang hobinya
  • Saya berhasil menulis Artikel tentang Hypnosis dan mengirimkannya ke sejumlah milis
  • Saya berhasil menghipnosis pembaca tulisan ini sehingga mereka membaca tulisan ini sampai habis
Cobalah anda tuliskan apa yang telah anda berhasil lakukan hari ini..
Cobalah jujur pada diri anda , apa yang anda rasakan dengan latihan ini. Apakah anda mendapatkan perasaan yang lebih baik? Apakah anda masuk ke dalam State yang lebih positif ? Apakah anda mendapatkan tambahan semangat baru?

Latihlah AFFIRMASI, VISUALISASI, dan AKNOWLEDGEMENT untuk melakukan PERUBAHAN yang Anda inginkan.

Bibliografi :
[Referensi Artikel : "HYPNOSIS #1 : Mengenal fenomena Hypnosis dan pemanfaatannya" karya Drs. Asep Haerul Gani (PortalNLP.com)]